Ingin Menetap Di Batam, Pendatang Wajib Bawa Surat Pindah

NEWSBCN.COM / Sekupang / Sulitnya pengurusan kartu tanda penduduk memang kerap menjadi keluhan masyarakat. Namun kesulitan tersebut terjadi lantaran ketidaklengkapan berkas administrasi warga yang hendak melakukan pengurusan KTP.

Menjawab keluhan masyarakat ini, di awal tahun 2015 ini, pemerintah Kota Batam, telah menerapkan beberapa program untuk memudahkan masyarakat melakukan pengurusan ktp. Salah satu caranya yaitu pengurusan ktp di lakukan kantor kecamatan saja.

Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil  Kota Batam, MARDANIS,  menyatakan, sesuai program pemerintah kota Batam, pengurusan dan perubahan status, alamat, dan perbaikan KTP, sudah dapat dilakukan cukup di kantor kecamatan setempat. 

Namun bagi masyarakat pendatang yang telah memiliki E-KTP dari kampung halamannya, wajib melampirkan surat pindah dating, dari daerah asal, sehingga perubahan alamat domisili dapat diproses di daerah tujuan.

Selain itu mardanis juga tetap menghimbau, bagi warga Batam yang belum melakukan perekaman E-KTP, agar sesegera mungkin melakukan perekaman di kantor disduk capil sekupang. Perekaman E-KTP bahkan bisa juga dilakukan di kantor kecamatan. Bahkan untuk tahun 2016 mendatang, pemerintah kota batam berencana melakukan pelayan KTP di kantor kelurahan.

Dengan program dan kemudahan yang diberikan pemerintah kota batam ini, diharapkan warga juga, kooperatif untuk mengurus data kependudukanya.